Leave a comment

Catatan Kepemimpinan(Sebuah Catatan dari GM Penghimpunan Dalam Negeri PKPU Nana Sudiana)

Sejumlah orang berpikir bahwa memimpin adalah masalah kesempatan. Kenyataannya tidak. Memimpin sejatinya justru masalah pembuktian. Di ruang manapun kita berada, bila dalam diri kita tumbuh dengan baik nilai-nilai kepemimpinan, maka ini hanyalah masalah waktu saja. Ketika saatnya tiba, tunas itu pun mekar dan akan terlihat setinggi apa ia akan bertumbuh.

Kepemimpinan laksana benih yang baik dan unggul, dimanapun ia berada, akan bisa tumbuh dengan baik dan memberikan kemanfaatan. Kepemimpinan bukan soal skala, ini lebih pada kekuatan untuk melayani dan mengayomi orang lain. Karena pemimpin sejati lahir bukan sekedar dari selembar surat keputusan atau melekatnya gelar dan kedudukan. Pemimpin sejati lebih merupakan sosok biasa yang memiliki kekuatan besar untuk berkorban. Mendahulukan kepentingan orang lain yang lebih membutuhkan dari dirinya sendiri.

Kepemimpinan juga laksana mutiara, kini sangat jarang walaupun memang ada. Semakin tinggi nilai kepemimpinan dalam diri seseorang, maka semakin mahal kilau kepribadian dan kedudukannya di tengah orang kebanyakan. Pemimpin sejati tak berlebih dalam bertindak, apalagi bangga dengan apa yang ada. Justru yang tampak dari mereka umumnya adalah kesederhanaan yang kuat dalam keseharian mereka. Mereka bukan tak mampu membeli sesuatu yang mewah dan gemerlap, namun mereka sadar sepenuhnya bahwa esensi lebih penting dari sekedar asesori.

Sekali lagi, kepemimpinan adalah masalah pembuktian keyakinan dan kapasitas internal yang kita miliki. Tak perlu direbut, kepemimpinan pasti akan datang menghampiri, laksana raja yang naik tahta dan pasti akan bermahkota. Sesuatu yang tumbuh alamiah dan memenuhi seluruh logika manusiawi untuk jadi seorang pemimpin, pastilah akan mengantarkan kita pada singgasana dan mahkota itu.

Pertanyaannya kini justru, sejauhmana kepantasan kita hari ini sehingga berhak memiliki mahkota tersebut? Sudahkah kita lebih banyak berkorban daripada meminta hak? Sudahkah kita melayani daripada minta terus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: