Leave a comment

Mengenal Asam Urat

Asam urat merupakan sisa hasil metabolisme tubuh. Namun, orang seringkali menyebut semua penyakit yang menyerang sendi sebagai “asam urat”. Padahal, tidak semua penyakit sendi disebabkan asam urat. Nah penyakit sendi akibat asam urat adalah penyakit yang dapat munul karena peningkatan kadar asam urat dalam darah yang melabihi ambang batasnya. Asam urat ini kemudian menumpuk dalam raung sendi dan menyebabkan gangguan pada struktur sendi.

Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang normal, asam urat ini tidak akan bisa larut kembali dalam darah. Pada akhirnya, akan mengendap menjadi Kristal urat dan masuk ke organ-organ tubuh, khusunya ke dalam sendi. Kristal ini dianggap benda asing oleh tubuh. Hali ini memicu sel-sel kekebalan (immune cells)  untuk memusnahkannya.

Munculnya sel-sel kekebalan akan menimbulkan reaksi radang atau inflamasi yang menyebabkan bengkak kemerahan dan nyeri. Inilah disebut penyakit radang sendi atau arthritis. Karena menyebabkan Kristal urat maka disebut arthritis gout.  Untuk singkatnya arthritis gout atau asam urat disebut gout.

Hyperurisemia

Hyperurisemia adalah pengikatan kadar asam urat dalam tubuh. Untuk laki-laki, ambang normalnya dalam darah 7,0 mg/dL. Adapun pada perempuan normalnya adalah5,7 mg/dL darah. Gout muncul sebagai akibat  kondisi Hyperurisemia.

Kadar asam urat

Insiden gout

<7,0

0,1 – 0,5

7,0 – 8,9

0,5 – 1,2

≥ 9

4,9 – 5,7

Dari table diatas bisa dilihat, angka kejadian gout meningkat pada keadaan asam urat tinggi atau Hyperurisemia, yaitu lebih dari 9 mg/dL. Tentu saja bagi penderit asam urat mudah mengalmi gout apabila mengalami kondisi Hyperurisemia/ namu, dengan kadar asam urat dalam batas normal, yakni kurang dari 7 mg/dL, seseorang masih bisa mengalami gout. Oleh karena itu, tetap waspada, terutama mereka yang pernah mengalami serangan gout. Pada masa yang akan datang, risiki mengalmi serangan gout akan lebih besar. Meski demikian, tidak semua kondisi Hyperurisemia bisa menvetuskan gout, hindari sebisa mungkin penyebab-penyebab yang dapat mencetuskan gout.

Mau tau apa penyebab Gout/asam urat ? praktisnya segera konsultasi ke dokter atau beli buku tentang asam urat  atau tunggu postingan saya lagi. Saya sendiri jadi Care dengan kesehatan setelah mengetahui kadar asam urat saya lewat dari batas normal yang seharusnya walaupun alhamdulillahnya belum merasakan serangan gout.  So jangan tunggu sampai merasakan serangan si Asam Urat, mulai mengenal dan membiaskan pola makan dan hidup yang sehat. Keep Healthy !!!!!

Sumber Referensi Buku :

Asam Urat (Dr. dr. Joewono Soeroso, Sp.PD-KR, M.Sc. dan Hafid Algristian, S. Ked)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: