Leave a comment

Generasi Sahabat

Para sahabat yg terbina terdidik dan tercinta mereka merupakan sosok generasi terbaik yg Allah bentuk melalui tarbiyah rasulillah, bahkan Allah abadikan dalam kitab-Nya dengan menyebutkan mereka sebagai ummat terbaik ( …kuntum khairuummat ukhrijatulinnas ta’murubilma’ruf watanhauna ‘anil mungkar..)
Ada dua syarat yang telah mereka jalankan dalam ketaan kepada Allah dan Rasul-Nya, syarat yang dipenuhi dengan rasa sabar dan keseriusan ditambah pengorbanan diri yang tak terukur hanya dengan materi.
Ya mereka bisa melalui syarat itu dengan penuh kegemilangan. Disuatu waktu Umar mengomentari ayat tersebut menurutnya ayat itu hanya turun untuk generasi awal dan tidak turun untuk generasi berikutnya.
Tapi Umar menyampaikan ada cara bagi generasi selanjutnya bisa mengusahakan diri sehingga termasuk golongan terbaik disisi Allah, syarat yang terpenuhi seperti halnya generasi sahabat dapat memenuhinya.
Menyeru kebaikan dan mencegah kemungkaran dalam lingkar naungan iman kepada Allah SWT, syarat yang mudah terucap namun tak sederhana dilakukan. Dakwahlah yang menjadikan para sahabat tergelar sebagai generasi terbaik.
Moga apa yang kita kerjakan, apapun profesi kita, apapun peran kita moga kita berada diantara bagian dari gerbong besar dan panjang yang sedang melakukan perjalanan jauh dan melelahkan, perjalanan yang tak mudah dan bisa jadi penuh dengan fitnah.
Gerbong para pendakwah, gerbong itu indah karena dipenuhi dengan kesucian jiwa dan keberserahan diri total kepada Sang Pencipta, gerbong yang diisi oleh orang-orang yang bak singa padang pasir pada siang hari, sekaligus bak rahib di malam hari, mereka optimalkan diri untuk menebar manfaat untuk ummat optimal dalam beriktiar, santun dalam berdoa, juga berserah diri atas setiap hasilnya.
Wallahu’alam

Ditulis selasa sore dipekan pertama bulan april ditengah kerinduan para sahabat lama yang telah tersebar di pulau-pulau nusantara

A.TAP(kalsel), N*udin (purbalingga), s.Zali (jakarta), gstm (bandung), Hmidgzl (NTB),za.udin(kalsel), wau(cirebon), awnk(bandung), D.elly(semarang), di2(banten), arA(sumut)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: